--> Skip to main content

Curug Siliwangi, Sisi Lain Gunung Puntang Kabupaten Bandung

wisatakabupatenbandung.com - Puncak Gunung Puntang atau sering disebut yang lebih populer dengan nama Puncak Mega ini memang menjadi daya tarik wisata di Kabupaten Bandung, khusunya Banjaran. Dengan ketinggian mencapai 2222 meter diatas permukaan laut menjadikan pemandangan dari Puncak Mega sangat cantik bahkan seringkali disebut Diengnya Jawa Barat.

 


Gunung Puntang terletak di komplek Gunung Malabar, Kabupaten Bandung ini memiliki berbagai situs sejarah yangn berkaitan dengan kolonialisme dan kerjaan di Jawa Barat. Ditempat ini terbangun stasiun radio yang bernama Stasiun Radio Malabar yang merupakan radioi terbesar se-Asia Tenggara. Siaran radio Malabar diklaim mampu memncapai kerjaan di Belanda pada masanya.

Selain bangunan radio penginggalan Belanda, di Gunung Puntang juga terdapat gua yang memiliki panjang sekitar 1km dan terhubung menuju Curug Silinwangi. Terdapat mitos barang siapa yang bisa menyusuri gua dan sampai ke Curug Siliwangi makan akan mendapatkan ajimat dari penginggalan kerajaan Puntang, menurut cerita Rakyat Pasundan, konon Prabu Siliwangi membuat sebuah kerajaan di daerah itu dan diberi nama Nagara Puntang dimasa pelanriannya.

Curug Siliwangi

Curug Siliwangi

 

Curug Siliwangi berada di komplek Gunung Puntang dan terletak di ketinggian 1.700 meter diatas permukaan laut. Menurut cerita rakyat tentang asal muasal Curug Siliwangi ini berasal dari air seni Prabu Siliwangi saat berada di puncak Curug.

Banyak masyarakat yang percaya bahawa hal tersebut yang menjadikan terbentuknya Curug Siliwangi di Gunung Puntang ini. Selain itu warga juga percaya akan kesaktian Prabu Siliwangi. Kesantian tersebut juga masih ada hingga sekarang dan menajaga Curug Siliwangi tersebut, kemudian Curug Siliwangi ini dianggap keramat oleh sebagian Masyarakat.

Untuk menuju lokasi Curug, kita harus menempuh perjalanan kurang lebih 4km dari area Kolam Cinta Gunung Puntang. Karena menuju lokasi sangat asri dan menembus hutan Gunung Puntang maka disarankan untuk menggunakan sepatu Tracking atau yang biasa digunakan untuk naik gunung karena jalur yang dilalui sangat licin terlebih saat musim hujan seperti sekarang.


Waktu tempuh ke Curug kurang lebih 3 jam makanya disarankan untuk yang akan menuju Curug Siliwangi ini supaya berangkat pagi agar siang hari sudah bisa turun kembali, karena sore hari dikhawatirkan turun hujan atau kabut yang akan mempersulit perjalanan.

Selain itu, dibeberapa kesempatan kita akan melintasi aliran sungai yang hulunya merupakan Curug Siliwangi tersebut, jika debit air sedang deras maka dipastikan aliran sungai ini sangat berbahaya untuk dilewati. 

Jalur Sungai

Wisata ke Curug Siliwangi ini menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin wisata dengan suasana yang asri dan bisa menyatu dengan alam. Selain itu kita akan mendapatkan udara yang lebih sejuk.
Curug Siliwangi adalah tempat wisata yang cukup terkenal di Kabupaten Bandung. Tempat ini sudah menjadi destinasi wisata dan sudah banyak orang yang mengunjunginya. Curug Siliwangi sendiri terletak di Desa Cimaung, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung.

Dengan tinggi Curug mencapai 150 meter dan diapit oleh tebing menjadikan Curug ini terlihat sangat gagah. Dengan dasar Curug yang dangkal dan tidak berbahaya bagi yang ingin merasakan langsung cucuran air dari Curug Siliwang. Namun perlu dicatat, untuk menuju dasar curug ini terbilang sangat sulit karena kita harus memanjat tebing yang lumayan curam dan licin jika musim penghujan seperti sekarang.

Rute dan Akses Jalan Menuju Curug Siliwangi

Jalur Menuju Curug Siliwangi

 

Untuk menuju ke Curug Siliwangi, akan menempuh waktu 1 jam 30 menit dari Soreang dengan jarak kurang lebih 33 KM.

Bagi yang belum mengetahui Curug Siliwangi, Kamu tinggal menuju ke Gunung Puntang karena untuk tiket masuk ke Curug Siliwangi sama dengan pembelian tiket menuju Curug Siliwangi
Berikut rute lengkapnya menurut Google Maps:


Fasilitas

Fasilitas yang tersedia sangatlah lengkap mulai dari Bumi Perkemahan Gunung Puntang dengan luas kurang lebih 5 Ha, Parkir kendaraan yang luas, WC, Musholla, Warung dan fasilitas umum lainnya.

Tiket

Tiket masuk ke Kawasan Gunung Puntang adalah Rp 20.000 per orang.

 

Terimakasih telah bersedia berkunjung ke Web ini, semoga artikel yang ada disini bisa membantu kamu semua Salam, Admin
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar